Perkembangan TIK

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.

Bentuk awal telekomunikasi berskala nasional adalah telegraf. Teknologi berbasis kabel (wire-based technology) ini menyediakan pondasi bagi perkembangan jaringan telepon, yang pada gilirannya menjangkau bagian yang lebih luas dari permukaan bumi. Dengan penggunaan teknologi kabel lintas lautan (transoceanic cables), berbagai wilayah yang terpisah oleh laut menjadi terhubungkan menjelang akhir tahun 1900.

Baru pada era 1960-an teknologi komputer dan teknologi elektronik melebur dengan teknologi broadcasting dan telekomunikasi berbasis kabel, dimana kabel tembaga mulai diganti dengan kabel serat optik, satelit dan teknologi nirkabel lainnya, seperti microwave dan seluler. Pada periode yang sama, teknologi komputer berevolusi dari sebatas wordprocessing dan accounting menjangkau image dan graphic processing, yang membutuhkan penyimpanan dan pengolahan data dalam kapasitas yang sangat besar. Dan secara fisis komputer berevolusi dari berukuran sebesar sebuah ruang tamu sampai menjadi perangkat yang portabel dan personal. Kemampuan yang sangat tinggi untuk mengirim dan menerima data dan citra, selain suara, meleburkan kedua jenis teknologi tersebut menjadi yang kini lazim disebut information and communication technology (ICT), atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

0 komentar:

Copyright © 2008 - Tr3nDy.com - is proudly powered by Blogger
Blogger Template